Produsen & Distributor Thibbun Nabawi dan Herbal

Sehat dengan Sunnah Thibbun Nabawi dan Herbal

Kualitas Rosela Bisa Diukur dari Warna Merah Seduhannya

Posted by nabawiherba on April 10, 2008

Sumber : http://www.trubus-online.co.id/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=11&artid=1133

‘Hati-hati ketika mengkonsumsi minuman rosela dalam kemasan, bila warna merah semakin memudar, sebaiknya tidak dikonsumsi,’ kata Ir Didah Nur Faridah MSi, periset Epartemen Ilmu dan Teknologi Pangan , Institut Pertanian Bogor. Penyebabnya pengolahan, pengemasan, dan penyimpanan minuman Hibiscus sabdariff a tak cukup menjaga senyawa aktif di dalamnya. Khasiatnya menghilang seiring warna merah yang memudar.

‘Saya pernah melihat minuman rosela yang berwarna putih, seiring lamanya waktu penyimpanan’ kata Didah. Lantaran penasaran Didah pun mengujicoba musabab hilangnya pigmen merah. Hasilnya, rosela yang hanya dikemas botol transparan dan ditaruh di tempat terkena sinar matahari langsung, cepat berubah warna. Sebab, senyawa aktif rosela berupa antosianin mendegradasi. Zat aktiflah yang menyebabkan seduhan asam kumbang alias rosela berwarna merah. Jadi, warna merah hilang, khasiatnya pun lenyap.

Minuman rosela yang dibuat dari kelopak kering rosella, jumlah senyawa aktif rosela yang berupa senyawa fenolik yang dapat berfungsi sebagai senyawa antioksidan mencapai 23,10 mg/g bobot kering. Aktivitas antioksidan yang terukur dengan senyawa trolox mencapai 5.308,64 mM trolox/g bobot kering. Jumlah itu 4 kali lebih tinggi dibanding bubuk kumis kucing yang aktivitas antioksidannya 1.364,88 mM trolox/g kering. ‘Adanya antioksidan rosela seperti gossipetin, antosianin, dan glukosida hibiscin memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit degeneratif seperti jantung koroner, kanker, diabetes melitus, dan katarak,’ kata mahasiswa program doktor IPB itu.
Antikanker

Khasiat oseille rouge-rosela dalam bahasa Perancis-menghambat pertumbuhan sel kanker telah dibuktikan oleh De-Xing Hou di Jepang. Peneliti Faculty of Agriculture, Kagoshima University, itu menemukan delphinidin 3-sambubioside dan cyanidin 3-sambubioside, antosianin rosela yang ampuh mengatasi kanker darah alias leukeimia. Cara kerjanya dengan menghambat terjadinya kehilangan membran mitokondrial dan pelepasan sitokrom dari mitokondria ke sitosol.

‘Antioksidan rosela meredam aksi radikal bebas yang menyerang molekul tubuh yang mengandung elektron,’ kata Didah. Jika molekul mengandung elektron seperti guanin DNA terserang, kesalahan replikasi DNA mudah terjadi. Kerusakan DNA memicu oksidasi LDL, kolesterol, dan lipid yang berujung pada penyakit ganas seperti kanker dan jantung koroner.

Chau-Jong Wang, dari College of Medicine, Chung Shan Medical University, Taichung, Taiwan menemukan khasiat lain rosela. Hasil penelitiannya ekstrak rosela kering yang dibuat sirup, melindungi liver tikus setelah diinduksi karbon tetraklorida (CCl4), perusak hati. Setelah diberikan 1-5% rosela selama 9 minggu, kerusakan hati seperti steasis dan fi brosis turun secara signifikan.
Minuman kesehatan

Untuk membuat seduhan the vinagreira-rosela dalam bahasa Portugis-mudah. Bunga yang sudah dipetik, dijemur di bawah terik matahari selama 1-2 hari agar memudahkan pemisahan lidah kelopak dengan bijinya. Kemudian cuci air bersih dan jemur kembali selama 3-5 hari. Remas kelopaknya, jika mudah menjadi bubuk artinya kadar air telah mencapai 4-5%. Seduh 2-3 g teh rosela dengan air mendidih hingga larut dan air berubah menjadi kemerahan. Untuk diet, penderita batuk, atau diabetes gunakan gula rendah kalori seperti gula jagung. Di negeri asalnya, Afrika, rosela dijadikan selai atau jeli. Itu diperoleh dari serat yang terkandung dalam kelopak rosela. Di Jamaika, dibuat salad buah yang dimakan mentah. Ada kalanya juga dimakan dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue sesudah dimasak dengan gula. Kerap bisap-sebutan rosela di Senegal-disuguhkan sebagai minuman tradisional saat natal. Caranya, kelopak rosela dicampur irisan jahe dan gula lalu ditaruh pada teko tembikar. Setelah itu dididihkan dan diamkan semalam. Disajikan dengan menambahkan es dan rum, ‘Jus’ itu berasa, beraroma, dan berwarna mirip minuman anggur.

Sedangkan di Mesir, Afrika Barat, rosela diminum dingin pada musim panas dan diminum panas saat musim dingin. Di Sudan, Afrika Timur, karkadeh-sebutan rosela di Sudan-menjadi minuman keseharian dengan campuran garam, merica, dan tetes tebu. Minuman itu juga menghilangkan efek mabuk dan mencegah batuk.
Serat

Penduduk Meksiko percaya rosela berkhasiat menurunkan bobot tubuh. Penelitiannya dilakukan Francisco J Alarcon-Aguilar dari Universidad Autónoma Metropolitana Iztapalapa, Meksiko. Sebanyak 120 mg ekstrak rosela yang mengandung 33,64 mg total antosianin diberikan selama 60 hari terhadap tikus gemuk berbobot 45 gram; normalnya 20 gram.

Hasilnya, konsumsi rosela terbukti menurunkan bobot tubuh pada tikus berbobot lebih dan meningkatkan asupan cairan ion ke tubuh. Penurunan lainnya terlihat pada trigliserida dan kolesterol jahat.

Penelitian efek kerabat bunga sepatu itu terhadap kegemukan juga dilakukan oleh Sáyago-Ayerdi SG dari Department of Nutrition, Universidad Complutense de Madrid, Spanyol. Menurut Sayago quimbombo chino-sebutan rosela di Spanyol-mengandung 33,9% serat larut yang membantu meluruhkan lemak.

Khasiat rosela memang beragam. Namun, hati-hati sebab tak semua orang bisa mengkonsumsinya. ‘Keasamannya mencapai 3,14, untuk pengidap mag kemungkinan berefek merugikan,’ kata Didah. (Vina Fitriani).

28 Responses to “Kualitas Rosela Bisa Diukur dari Warna Merah Seduhannya”

  1. IWAN said

    KATA ORANG2 NICH BANYAK YANG MENDERITA MAAG TAPI MALAH NEKAT MENGKONSUMSI ROSELA TAPI SEMBUH JUA BIARPUN NEKAT GAK TAU RESIKONYA

  2. IWAN said

    Tapi kalau bisa sich gak usah coba2 klu gak tahu bener apa memang bisa menyembuhin maag, soalnya sat asamnya itu lo broo.. asam bangetkan

  3. dieta said

    saya juga maag, saya minum rosela pakai teh seduh ditambah gula putih…enak juga kaya lemon tea..diminum pagi sore .sekarang 1 bulan minum rosella 3 bln berat badan turun.

  4. anita said

    dimana y mendapatkan rosela segar,.?
    saya anita ada di bandung
    terimakasih

    • ary said

      client saya menyediakan rosella dengan kualitas terbaik dan melalui 3 x penyortiran. warna kelopak benar2 merah meyala dalm kondisi kering dan di jual 75 ribu per kilo saat ini saya sedang membuat website untuk client saya bila anda membutuhkan saya bisa kirim sempel gratis kwalitas no 1 untuk permintaan bisa kirim lewat e mail gratis-tis di ariwibowo09yahoo.co.id

  5. farida said

    saya dari medan, sekarang sedang membudidayakan rosela, mgkin bibitnya bisa saya kirim dr sini, tp klu segarnya mah, ke rumah aj mbak hhehehhe… di binjai banyak, daerah kuala begumit, siapa tw ada saudara dsana.salam

  6. elisabeth s said

    belilah rosela ke saya 081328431354

  7. gamat.com said

    Teh rosela memang enak dan menyegarkan.
    Untuk sakit magg bisa dicoba sari teripang laut/gamat

  8. mashudi said

    saya dah manfaatin rosela lebih dari tiga tahun. ibu saya yang diabet dan stroke memanfaatkan rosela untuk menjaga kadar gula dan tensinya. keluarga saya sendiri juga sudah memanfaatkan rosela ini untuk menjaga stamina. istri saya yang tensinya cenderung tinggi juga rajin minum. saya sendiri juga minum walaupun saya punya maag. tapi memang caranya juga harus beda dengan yang nggak sakit maag. setelah rutin satu bulan maag justru sembuh.
    kelompok tani agrowilis

  9. ananto said

    ini jamu yg paling enak ( stroberi teste )

  10. DENUG said

    Saya seorang pecandu rokok, apabisa bunga rosela menghilangkan racun nikotin, dan untuk pencegahan bisa nggak, trims
    # Selain Rosela, bisa antum coba gurah as-syifa
    Barakallahu fiikum

    • Budi Ekanto said

      rokok menimbulkan radikal bebas (ROS), untuk menangkal radikal bebas agar tidak merusak sel diperlukan antioksidan dari luar tubuh yang berasal dari sayur, buah atau tanaman berkasiat seperti Rosella. namun perlu hati-hati dengan rosella yang ditanam & diolah dengan bahan kimia.
      saya meneliti rosella terkait dengan pencegahan radikal bebas karena konsumsi alkohol.

  11. Rahmat said

    Saya menyediakan Sirup dari bunga rosella, atau ada yang mau beli bunga rosela segar hubungi saya di my_tazzi@yahoo.com atau Hp: 085664612434

  12. Aryono said

    Bgm BPOM? Apa juga udah mengkaji manfaat di balik rosela?
    Sekarang kan obat mahal,klo rosela bs buat pencegahan penyakit2 spt di atas kan lumayan ya. Minuman segar, minuman kesehatan minuman enak segar berkhasiat…Hehe

  13. kit said

    Bapak ku juga membudidayakan Rosela and dikeringkan secara alami, dan tentu saja selanjutnya dijual dg harga cuman Rp.3000/pack isi 0.5 ons. Alhamdulillah laris juga…..krn memang khasiatnya sudah terbukti terutama untuk menurunkan Hipertensi, Kolesterol, Asam Urat dll. Dirumahpun kalo ada tamu aku kasik minum Rosela….sambil promosi gitu low…

  14. Carl said

    Aku sedang penelitian tentang rosela…

    Aku sedang KP (kuliah praktek)

    Tentang pembudidayaan Rosela dengan cara Kultur Jaringan Tumbuhan dengan medium kaya sitokinin

  15. Carl said

    Klo diantara kalian ada yang ngerti tentang kultur Jaringan tumbuhan…
    Minta bantuannya yawh…

  16. UBENK said

    Aku baru coba nanam n lumayan mudah nanam nya n sekarang sudah banyak, tapi aku ragu apa benar manfaat nya banyak.. ada kawan coba teliti dia kebetulan sedang kuliah di farmasi n akan menyelesaikan kuliahnya dengan penelititan tentang bunfa rosela. hasilnya bahkan rosela baik cuma untuk asam urat tapi dengan cara memasak kelopak bunga segar nya….!!!!

  17. assalamu’alaikum..blognya bagus minta ijin untuk copi paste edit artikelnya ya semoga diijinkan banyak terimakasih.beberapa bulan yang lalu saya bawa bibit rosela dari lembang bandung,jadi bagi anita yang mau cari bunga rosela ke lembang aj kan dekat dari bandung.bibit yang dari lembang itu saya tanam di jogja dan sekarang sudah berbunga lebat dan saya liat di daerah saya dijogja udah banyak yang nanam tapi pemasarannya yang belum bisa jadi masih untuk keperluan sendiri aj.Wassalam

  18. tolong kasih bibitnya yah, saya mau coba tanam, siapa tahu bisa berkembang biak

  19. jesicca said

    Kepada
    Yth.

    Dengan Hormat,
    Kami dari Penerbit Andi sedang mengembangkan Produk buku Ekonomi dan Perpajakan, Bisnis dan Investasi, serta Pertanian Populer. Saat ini kami terutama sedang mencari naskah mengenai tanaman rosela. Oleh karena itu, perkenankanlah kami menawarkan kerjasama untuk menerbitkan naskah-naskah yang ditulis oleh Anda.

    Besar harapan kami, Anda dapat berkenan bekerjasama dengan kami dalam menerbitkan naskah-naskah tersebut. kami yakin dengan kekuatan distribusi dan pengalaman penerbitan yang sudah mapan dan lebih dari 20 tahun, naskah tersebut akan memberikan inspirasi dan sumbangan pengetahuan yang besar bagi anak-anak bangsa Indonesia yang sedang haus akan pengetahuan dan bahan bacaan yang berbobot.

    Untuk itu informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami melalui:
    cp: Jesicca Deviyanti, S.P.
    Penerbit ANDI, telp 0274-561881 ext. 203
    HP. 085643631097
    Fax. 0274-588282
    Email: jesicca@andipublisher.com atau glasstera@yahoo.co.id

    Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Atas perhatian dan waktunya kami ucapkan terimakasih.

    Hormat saya,

    Jesicca Deviyanti
    Product Development Manager
    Penerbit ANDI Yogyakarta

    # Terima kasih banyak atas informasinya Bu…
    Cuma utk diketahui artikel di atas bukan kami pemiliknya..tapi kami sebatas copy paste dari url yang telah kami sebutkan..
    Utk rencana membikin buku, sementara kami terbatas waktu..
    Barakallahu fiikum

  20. Ningsih said

    Maaf mau ikutan nanya nih barangkali ada yang bs bantu bu saya kan punya sakit maag, hipertensi dan asam urat apa bisa minum teh rosela atau bagaimana cara penggunaannya untuk penderita maag terima kasih untuk informasinya

  21. djaelani said

    pengganti minum teh, saat ini saya senang minum seduhan rosela kering, tambah gula sedikit bagi yang tdk punya diabetes,hasilnya….perut rada mengecil, lemaknya mungkin hilang karena larutan rosela tersebut, badan jadi tambah segar, walau ada sakit maag saya tdk merasa ada keluhan asal minumnya setelah makan.

  22. Rony said

    saya lagi diet, nyoba rosela, tapi kok belum ada hasilnya ya, padahal sudah dua hari minum

  23. sindy said

    sebenarnya cara penyuguhan rosela yang baik itu bagaimana??
    direbus dengan air mendidih / cukup diseduh dengan air panas saja??

    Thk

    # Diseduh Insya Allah

  24. Numpang informasi Mas!!!

    Kami marketing dari tehmerah.com menawarkan berbagai jenis rosela, dengan harga yang sangat menarik. Dari yang merah, ungu, maupun yang mesir ada juga rosela celup. untuk lebih jelasnya dapat menghubungi kami di Hp. 085234716980 / 0342 7728060.

    # Smg makin berkembang…
    Barakallahu fiikum

  25. ukmashsholihin said

    ulasan yang sangat membantu konsumen rosela mas…numpang numpang nulis iklan.

    bagi yang mau praktis kami adalah produsen sirup rosella dan manisan merek hilwa. kami membina ponpes ash sholihin di cibinong bogor untuk memandirikan mereka dengan memproduksi olahan rosela sebagai bahan baku utamanya. bagi yang berminat membeli atau menjadi reseler agen kami … kunjungi dan coment di blog kami http://ukmashsholihin.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: