Produsen & Distributor Thibbun Nabawi dan Herbal

Sehat dengan Sunnah Thibbun Nabawi dan Herbal

Minyak zaitun murni dapat membantu mencegah sumbatan darah

Posted by nabawiherba on March 6, 2008

Kalbe.co.id – Laporan para peneliti Spanyol menyatakan bahwa memakan makanan yang disiapkan dengan minyak zaitun yang kaya fenol (suatu bahan yang mempunyai manfaat bagi jantung), dapat membantu mencegah sumbatan darah pada orang dengan kolesterol tinggi.

Dr. Franscisco Perez-Jimenez dan koleganya dari Reina Sofia University Hospital di Cordoba menyimpulkan bahwa temuan mereka menghasilkan bukti baru tentang manfaat kesehatan minyak zaitun murni. Temuan ini dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition edisi Agustus 2007.

Pada tahap awal aterosklerosis, keseimbangan antara faktor pembuat sumbatan dan pelarut sumbatan di dalam pembuluh darah beralih menjadi lebih pada pembentukan sumbatan dan kadar lemak tinggi dalam darah memperburuk keseimbangan ini.

Minyak zaitun mengandung fenol yang terlihat melawan penyumbatan dalam uji di laboratorium, tapi para peneliti memberi catatan sedikit studi mengenai efeknya yang dilakukan pada manusia.

Untuk menyelidikinya, para peneliti mengamati 21 orang dengan kadar kolesterol tinggi, makan pagi dengan 2 menu berbeda. Selama 1 minggu, mereka mengkonsumsi roti tawar dengan minyak zaitun yang mengandung 400 bagian per juta fenol atau roti tawar dengan minyak zaitun yang kebanyakan fenolnya telah diekstraksi sehingga tinggal 80 bagian per juta. Partisipan studi selanjutnya ditukarkan menu sarapan paginya.

Dua jam setelah makan kadar fenol tinggi, konsentrasi antigen faktor VII para partisipan, yang mempromosi pembekuan darah, lebih rendah dibandingkan pada kelompok rendah fenol. Kelompok fenol tinggi juga mengalami penurunan terbesar dalam aktivitas clot promotor lain yaitu inhibitor plasminogen aktivator-1.

Para peneliti menjelaskan bahwa studi sebelumnya memberikan hasil yang tidak konsisten mengenai efek minyak zaitun dalam darah karena adanya variasi kandungan fenol.

Para peneliti menambahkan, walaupun studi ini sepakat dengan komponen mikro minyak zaitun murni, kita sebaiknya terus memikirkan dalam rangka evaluasi sifat-sifat biologi keseluruhan makanan. Dengan menyimpan hal ini dalam pikiran kita, mereka menyimpulkan bahwa saat ini studi menunjang menfaat minyak zaitun bagi kesehatan jantung.

Sumber :
http://www.kalbe.co.id/index.php?mn=news&tipe=detail&detail=19164

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: