Produsen & Distributor Thibbun Nabawi dan Herbal

Sehat dengan Sunnah Thibbun Nabawi dan Herbal

Cara Pengobatan Batu Ginjal

Posted by nabawiherba on February 20, 2008

Mengenal Batu Ginjal
Penulis : Syifa Titin Heriana
Ginjal dalam tubuh berfungsi sebagai filter untuk membersihkan darah/cairan lainnya. Fungsi ini bertujuan agar bahan-bahan kimia yang terkandung dalam darah atau cairan tubuh lainnya tidak terbawa kembali oleh darah dan beredar ke seluruh tubuh. Sebagian kotoran hasil penyaringan ini nantinya akan dikeluarkan melalui ginjal bersama air seni. Namun sebagian lagi mungkin tertinggal dan mengendap menjadi batu ginjal. Apabila endapan ini tidak dikeluarkan, akan menetap di ginjal atau berpindah ke kandung kemih.

Gejala penyakit batu ginjal ini di antaranya pinggang terasa nyeri dan pegal-pegal. Kadang-kadang, penyakit ini tidak menimbulkan keluhan. Rasa sakit akan muncul bila batu merusak jaringan atau terbawa ke saluran kemih hingga menyumbatnya.

Bentuk dan ukuran batu ginjal sendiri bervariasi. Bila batu ini agak besar dan menyumbat, sumbatan tersebut dapat menahan air seni. Jika tidak segera diobati dapat menyebabkan pembengkakan pada ginjal yang akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat. Bila sampai parah, penderita bisa mengalami muntah-muntah.

Pencegahan Dini

Penyakit batu ginjal dapat dicegah sedini mungkin, yaitu dengan menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang. Allah telah memberi rizqi dengan berbagai sumber makanan yang dapat kita ambil manfaatnya bagi tubuh, baik itu berasal dari hewan maupun tumbuhan serta air.

Sebagian orang ada yang hanya mengkonsumsi makanan dari hewan dan sejumlah protein dari tumbuhan. Sementara yang lain, ada yang menjadi vegetarian (hanya makan dari tumbuhan saja).

Pola makan seperti itu harus ditinggalkan. Sumber makanan yang berasal dari hewan maupun tumbuhan sama-sama penting bagi tubuh. Untuk itu, kita harus menyeimbangkan pola makan. Tidak asal halal, tapi juga perlu memperhatikan kethoyyibannya (manfaatnya) bagi tubuh.

Untuk mencegah terbentuknya batu ginjal, beberapa petunjuk di bawah ini bisa dilakukan:
1. Minum air putih yang cukup, kurang lebih 8 gelas tiap hari. Tujuannya agar menghasilkan air seni yang cukup untuk membilas zat-zat kimia yang mungkin akan mengendap di batu ginjal.
2. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium (susu, telor, daging, jeroan) dan mengurangi makanan yang terlalu tinggi mengandung asam urat (kangkung, bayam, kembang kol, dan olahan melinjo).
3. Seringlah mengkonsumsi buah semangka, sebab buah ini banyak manfaatnya bagi tubuh terutama ginjal. Buah ini sering disebut sebagai pencuci darah alami.
4. Perhatikan kesehatan gigi, karena gigi yang berlubang atau terkena infeksi bisa berpengaruh pada ginjal.
5. Jangan memanaskan olahan sayur bayam, sebab ini termasuk salah satu pembentuk batu ginjal.
6. Jika memungkinkan, konsumsilah air mineral.

Bila Allah mentakdirkan kita mengidap penyakit ini, segeralah berobat ke dokter agar tidak menjadi parah dan menimbulkan penyakit lain.

Bisa juga melakukan terapi dengan menggunakan obat alami yang sudah teruji secara klinis dan efektif mengobati batu ginjal, di antaranya:
1. Minum campuran Habbatus Sauda’ (jinten hitam) dan madu yang dicampur dengan air hangat. Salah satu manfaat Habbatus Sauda’ adalah menghancurkan batu ginjal.
2. Dapat juga minum ramuan daun-daunan seperti daun Keji Beling, Kumis Kucing, dan Tempuyung. Daun Keji Beling memiliki efek diuretic yang dapat memperlancar aliran kemih karena kandungan kaliumnya. Sementara Kumis Kucing dan Tempuyung dapat membantu menghancurkan batu ginjal sehingga mempermudah pengeluarannya dari dalam tubuh dan menghilangkan penyebab sakit kolik/pinggang.

Sumber : http://asysyariah.com/syariah.php?menu=detil&id_online=103

14 Responses to “Cara Pengobatan Batu Ginjal”

  1. gyzva fitri said

    saya berumur 20th dan saya mempunyai penyakit ginjal stadium 2. dan saya sangat menderita sekali karena pinggang saya sering sekali sakit ampe tulang punggung jg sakit dan panas.pegal2 malah kaki jg sering terasa sakit.sejauh ini saya sudah banyak berobat kedokter tp ga ada hasilnya.dan saya mencoba terapi air atas saran teman saya.1 galon untuk 2hari slama 3bulan,dan hasilnya alhamdulilah kondisi ginjal saya membaik walo saya tidak terlalu suka minum tp untuk sembuh saya paksakan,dan atas kehendak allah saya bisa sembuh.makasih

    # Allah lah yang menyembuhkannya..
    Barakallahu fiikum

  2. ikhsan said

    aslm wr wb.
    saya muhammad, ayah saya memiliki keluhan ketika solat kedua lututnya sakit. dikatakan oleh paman saya, hal itu bisa saja ada batu ginjal yang menjadi penyebabnya. saya ingin meminta solusinya.
    Mungkin dengan cara ini saya bisa mendapatkan jawaban atas sakit yang diderita ayah saya.
    jazakallah
    wslm wr wb

    # Coba konsumsi osteofit aja utk regenerasi sel..
    kalo memang batu ginjal, bisa minum tempuyung, kumis kucing..
    Barakallahu fiikum

  3. Muhammad Fauzan Bin Tahir said

    Asslm. Wr. Wb

    Saya Fauzan dari Ambon, saya memiliki keluhan batu ginjal. Yang ingin saya tanyakan setelah membaca uraian diatas, adakah dosis atau takaran yang pasti, karena tidak terlalu jelas uraian tersebut. Istilah kedokteran “DOSIS”nya, berapa ltr air yg dimasak, terus frekuensinya gimana? diminum pas kapan? saya bingung… adakah yg sudah berbentuk kapsul, atau tablet?
    terima kasih,

    Wasslam Wr. Wb

  4. echi said

    assalamu’alaikum… Wr. Wb.
    saya echi,ibu saya sudah lama mengeluh lemes2 pada kaki,mual2 dan tubuh terasa lemah.asumsi dokter beda2,ada yang bilang osteoporosis,jantung,dan ginjal.smoga dengan ini saya bisa mendapatkan jawaban atas keluhan yang di alami ibu saya.
    jazakillah khoiron katsiro…
    Wassalamu’alaikum…

  5. aspiyah said

    ibu saya sudah 4 bulan ini tidak menstruasi,padahal belum monopause,dan diperiksakan ke dokter kandunagn gak hamil,katanya gejala ginjal.yang saya heran kok sampai tidak menstruasi,apa ada hubungan antara menstruasi dengan ginjal?trus pencegahannya gimana?makasih,….

  6. ayu said

    asslmu alaikum…..
    opa sy saat sdang skit gnjaL….skg smntra proses pngobatan d’dkter….mnrut pmeriksaan dginjal opa sy trdpat batu yg mnghmbat gnjal trsebut bkerja….sLama 2bLan opa sy sdh mnjalan hemodialisis (cuci darah)smnggu skali…prbahanx prut opa sdh mnrun bengkaknya…..tpi smpai saat ini batu d’dLmnya bLm dpt kluar…..mohon solusi yg tepat serta mhon doax atas ksembuhan opa sy…kmi skeluarga mngharapkan ksembuhannya.!!!!!
    wsslam…..

  7. Choirin said

    ibu saya menderita batu ginjal. Kanan dan kiri masing2 1 cm dan 1.25 cm. Mohon solusinya untuk pengobatan tersebut.Jzk

  8. Asep Komarudin said

    Alhamdulillah,
    terimakasih infonya, betul sekali untuk penderita, lebih baik disiplin minum air putihnya, bila lupa agar diingatkan oleh keluarganya.
    Wassalamualaikum wr.wb.
    Asep

  9. happy said

    Ass, Wr. Wb

    Usia saya masih 25 th, tapi saya sering sakit pinggang,, sampe perut kanan bawah, dan paha pegel,, badan lemes banget, ternyata setelah diperiksa saya batu ginjal,, apakah penyakit ini bisa dsembuhkan,, dan bisa kah menjalar ke penyakit lainnya,,
    rambut saya rontok dan ditengah botak,, apakah ini benar2 batu ginjal atau penyakit lain,,
    dan saya baru menikah 4 bulan apakah ini akan menghambat kehamilan..? terimakasih

  10. novi said

    Assalam…

    saya amat sedih sekali kalo melihat bapak saya kambuh lagi penyakit batu ginjalnya, menjerit2 karna kesakitan. batu itu sudah ada sejak thn 2004 yang lalu, awalnya bapak ingin membuang batu itu melalui operasi. tapi, ketika diperiksa ternyata beliau punya penyakit kencing batu juga. kata dokter yang harus dioperasi lebih dahulu yaitu batu kencingnya itu, tapi setelah operasi itu berlalu batu ginjal yang masih hinggap di bagian perut beliau masih serasa sakit. keluarga sudah beberapa kali membujuk beliau untuk dioprasi lagi, tp beliau malah menolaknya..! jadi bagymana tanggapan anda terhadap kondisi bapak saya & keluarga?… adakah pengobatan alternatif tanpa melalui operasi?? thanks a lot 4 the answering..

  11. sukmawati said

    ayah bru saja menjalani operasi batu empedu tp skr ada keluhan batu ginjai nah kira2 solusinya bgm terima kasih

  12. yenni said

    Nenek saya mempunyai penyakit tumor yang menyumbat saluran pernafasan sudah stadium 4 terhitung tahun 2004 dan sekarang penyakitnya merambah ke ginjal dan lever. keluhannya yang dialami pinggang sering nyeri dan pegal-pegal,tangan dan kaki sering terasa kesemutan,nafas-nya sesak dikarena-kan tumor-nya sudah mulai menutupi saluran pernafasan. Menurut Dokter yang merawat ada 3 pengobatan yang bisa dilakukan yaitu
    1. kemoterapi
    2. sinar laser
    3. operasi
    yang mau saya tanya-kan apa nenek saya, masih ada kemungkinan untuk sembuh ? adakah alternatif selain dengan cara ketiga pengobatan menurut dokter di atas ? saya mohon jawaban-nya untuk kesembuhan nenek saya. terima kasih.

  13. gandi said

    ass

    saya mau bertanya ,,apakah keseringan duduk dapat mengakibatkan penyakit ginjal?

    sekarang ini saya selalu mendapatkan sakit di pinggang hingga di sebelah kanan perut saya,,

    apakah itu adalah penyakit ginjal..bila benar itu ginjal

    apa cara alternatif untuk penyembuhan nya,,dan obat apa yang harus saya beli ,,

    terimakasih

Leave a Reply

 
