Produsen & Distributor Thibbun Nabawi dan Herbal

Sehat dengan Sunnah Thibbun Nabawi dan Herbal

Tanaman Kitolod dan Kesehatan Mata

Posted by nabawiherba on July 19, 2007

Awalnya banyak yang bertanya ke saya tentang kandungan OTEM, yaitu obat tetes mata yang saya jual.
Yang katanya bisa menyehatkan mata bahkan bisa mengurangi mata minus dan plus dari testimoni pemakainya.
Dan saya sendiri memakainya (biasanya tiap akhir pekan) ketika mata capek, setelah sepekan naik motor di jalanan.
Selama ini yang tertanam di saya mata minus hanya bisa disembuhkan dengan operasi pakai laser (LASIK kalo gak salah namanya ya..)
Tapi ketika baca-baca testimoni, bahkan dari pengalaman saudara pembuat nya…yang merujuk beberapa referensi yang valid…ternyata minusnya berkurang setelah menggunakan produk dengan kandungan tanaman ini.
Jadi tertarik juga mempelajari kandungannya.

Kemudian saya sms-an dengan sales dari produsen “OTEM” ini, dan memang kandungannya ternyata selain madu, minyak habbatus sauda tapi juga tanaman kitolod.
Lalu saya cari-cari deh artikel tentang daun kitolod..
Lalu nemu deh artikel ini.
Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Kitolod Tanaman Penakluk Gangguan Mata
Kitolod merupakan tanaman yang sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi gangguan mata. Hal ini dapat dilihat dari kandungan kimia di dalamnya, semisal senyawa alkaloid yakni lobelin, lobelamin dan isotomin. Daunnya mengandung alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol. Getah tanaman mengandung racun, tetapi bagian tanaman lain memiliki efek antiradang (antiflamasi), antikanker (antineoplasmik), menghilangkan nyeri dan menghentikan pendarahan.

Besarnya khasiat tanaman ini sudah dibuktikan pula oleh Sri Mastuti, owner HerbAiniDrops, berawal dari anggota keluarganya yang pernah menderita gangguan mata yang sulit disembuhkan. Pada tahur 1998, Dra Hj NE Rosyitawati yang berprofesi sebagai guru di sebuah sekolah dasar negeri di Cakung, Jakarta Timur, merasakan matanya sering pedih dan gatal. Menurut dokter, hal ini disebabkan kurangnya, produksi air mata atau lebih dikenal dengan istilah mata kering. Selama dua tahun mencoba berbagai macam pengobatan medis, sampai akhirnya ia memeriksakan diri ke salah satu rumah sakit mata di Bandung. Hasilnya memang membaik namun tidak sembuh secara total.

Karena tak kunjung sehat, ia pun membuat ramuan sendiri dengan menggunakan kitolod. Sebelumnya ia telah membaca beberapa buku dan mengetahui khasiat dari tanaman yang bernama ilmiah Isotoma longiflora atau Laurentia longiflora ini dan memberanikan diri untuk bereksperimen demi mendapatkan pengalaman empirik. Kurang lebih dua minggu, matanya terasa membaik. Keluhan mata merah, pedih bahkan buram mulai berkurang. Setelah check up, hasilnya cukup menakjubkan, ia harus mengganti kaca matanya dari minus (-) 21/2 dan plus (+) 21/2 menjadi minus (-) 1 dan plus (+) 1.

Dipadu dengan madu hutan
Obat tetes mata yang sudah ada sejak tahun 2001 ini, sebelum disosialisasikan kepada masyarakat, telah diuji coba oleh orang-orang terdekat. Bahkan sudah beredar sampai ke negeri tetangga, yakni Malaysia dan Jepang. Tetapi masyarakat umum bisa merasakan khasiat obat tersebut baru empat tahun terakhir ini.

Selain menggunakan kitolod, obat tetes matanya dikombinasikan dengan madu hutan untuk memberikan manfaat lebih nyata. Di dalam madu terkandung vitamin yang dibutuhkan oleh mata, seperti vitamin A dan C, sedang kandungan garam mineralnya juga bermanfaat membersihkan dan menyehatkan mata.

“Obat ini sifatnya menghilangkan rasa nyeri dan menghentikan pendarahan. Tetapi jika terjadi pembekuan pada organ mata dan sekitarnya maka akan terdorong keluar,” ujar alumnus Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) di Yogyakarta ini. Wanita berusia 46 tahun ini menguraikan, fungsi saraf mata bisa terganggu karena penyakit atau terganggunya metabolisme tubuh akibat asam urat, kolesterol atau peredaran darah yang tidak lancar. Sedangkan gangguan plus minus biasanya karena kurangnya asupan gizi, khususnya vitamin A dan C, atau vitamin yang dikonsumsi tidak sampai ke mata karena adanya gangguan pada orgar tubuh.

Menurutnya secara umum, gangguar pada mata disebabkan karena terganggunya fungsi metabolisme, kurangnya asupan gizi, benturan keras dan kecelakaan atau karena penyakit kronis seperti diabetes, asam urat, darah tinggi, liver, kolesterol, dan lain-lain. Dan pengobatan pada mata sebaiknya dibarengi dengan pengobatan organ yang sakit.

Pengaruh faktor kejiwaan
Cara penggunaan HerbAiniDrops sama dengan obat tetes mata lainnya. Cukup teteskan satu kali pada mata kiri dan kanan. Biasanya akan terasa perih, merah dan sesekali akan mengeluarkan air mata itupun hanya sebentar. Setelah itu mata dikedip-kedipkan dan diurut perlahan dengan menggunakan jari telunjuk dan jari tengah. Dimulai dari ujung mata atau sudut luar mata ke arah telinga atau pelipis, tujuannya untuk memperlancar peredaran darah di sekitar mata sehingga obat terserap rata. Untuk hasil maksimal, gunakan setiap hari, sehari dua kali yaitu pagi dan malam.

Berdasarkan pengalaman, gangguan mata seperti katarak paling lama pengobatannya, minimal membutuhkan dua botol. Untuk para lansia, tetes mata ini berguna untuk mengatasi air mata berlebihan, kelopak mata berat, mata tidak tahan panas, dan mata gatal. Dengan meneteskan dua kali seminggu sangat berguna untuk perawatan agar di hari tua tidak mudah mengalami gangguan mata seperti glukoma, tidak tahan panas, cairan berlebih, katarak dan lain-lain. Keluhan mata biasa seperti mata merah atau untuk perawatannya dengan beberapa kali tetes sudah terasa khasiatnya. “Obat ini tidak mengkhususkan pada gangguan mata tertentu, bisa digunakan untuk semua gangguan mata,” jelasnya.

Selain itu, disarankan untuk meningkatkan pola hidup sehat. Konsumsi cukup buah dan sayur (vitamin A dan C) serta makanan yang banyak mengandung vitamin E, misalnya bisa diperoleh dari susu kedelai. Kemudian banyak meminum air putih dan berolahraga dan istirahat yang seimbang. Hindari atau kurangi makanan dan minuman yang mengandung bahan sintetis seperti pengawet, penyedap dan pewarna. Hentikan atau kurangi kebiasaan merokok, dan minuman-minuman beralkohol.

Sumber: http://cybermed.cbn.net.id/cbprtl/cybermed/detail.aspx?x=Natural+Healing&y=cybermed|9|0|3|94
Katalog Produk & Harga

36 Responses to “Tanaman Kitolod dan Kesehatan Mata”

  1. donal said

    saya sudah memakai kaca mata sejak saya kls 5 sd. Hingga sekarang saya udah sma, min saya bertambah menjadi -2,5. Kebetulan kakak saya juga minus seperti saya, apakah ini kebetulan saja atau penyakit bawaan ? apakah obat diatas bs menyembuhkannya ? kalo bs berapa botol yg dapat saya habiskan ? terimakasih

  2. woel said

    mau dong obatnya, siapa yang bisa dihubungi untuk penjualan berhubung mata saya juga minus 4 kiri dan kanan, pengen b anget lepas kaca mata, mohon infonya ya untuk daerah balikpapan

  3. Bagaimna cara mendapatkannya ??kirimin dong..aku dah minus 2 kanan-kiri..makasih ..

    # produk yang diinginkan, jika yang dimaksud adalah OTEM, selain di toko-toko onlie yang lain, kebetulan kami juga menjual produk tersebut.
    Silahkan kirim email ke kami jika berminat.
    (ronysetyo)

  4. HERBA AINI adalah tetes mata dengan ramuan alami madu khusus diformulasikan dengan herba kitolod pilihan yang bermanfaat untuk : membersihkan dan menyehatkan mata, mengencangkan syaraf mata, menormalkan mata min (-), plus (+), dan silinder, mengatasi selaput mata / katarak. Harga Rp. 75.000,- (15 gr). Alamat : Jl. Baung No. 43 Lt. Agung JakSel. Pemesanan hubungi : Telp. 021 – 710 85 910 / 0856 910 910 09 (SMS OK). http://www.geocities.com/faneliaherbs ; faneliaherbs@yahoo.com

  5. eya said

    bagaimana cara mendapatkan obat ini. ada efek samping gak? minusnya kali dah sembuh apa bisa kembali lagi?

  6. ronysetyo said

    Alhamdulillah adik ipar saya sendiri, baru pakai 1 botol minusnya udah turun 1/2.
    Hampir dalam 1 minggu ada aja agen yang datang ke toko kami sambil cerita testimoni, kalo customernya udah lepas kacamata lagi.
    Yang terakhir kemaren, ada salah seorang customer yang dia minus 2,5 Alhamdulillah saat ini sudah lepas kacamata sama sekali

  7. mita said

    apkh obt tetes ini dapat mengurangi rasa sakit pd penderita glukoma? tks

    # Insya Allah bisa

  8. ronysetyo said

    Terkait perijinan produk-produk Naturaid (Otem, Power Cleanser dll)
    Walau sudah mengantongi ijin POM RI, sepertinya label baru untuk OTEM tetap tidak mencantumkan POM RI nya.
    Otem kemasan baru yang baru datang 1 minggu yang lalu, tetap tidak mencantumkan ijin POM RI.
    Tapi jika ada yang menginginkan melihat sertifikat ijin POM RI bisa datang ke tempat kami.
    Kebetulan kami mempunyai fotocopy sertifikat ijin POM RI, hasil uji Lab,sertifikat halal MUI utk cangkang kapsul terkait dengan produk2 Naturaid, serta ijin untuk IKOT nya.
    (Tapi mohon maaf, kami hanya bisa menunjukkan dan tidak disebarluaskan)

    Sedangkan untuk Power Cleanser alhamdulillah di kemasan baru nanti akan ada komposisi dan nomer ijin POM RI nya.
    Baru sekitar 1 minggu yang lalu, datang produk Power Cleanser yang baru ke kami dengan kemasan yang baru, namanya PICI dan sudah tercantum komposisi dan info nomer ijin POM RI nya.

    Sedang untuk Otem, Produsen tidak mencantumkan ijin POM RI nya (walau sudah keluar perijinannya), kalo menurut saya kemungkinan alasannya adalah, produsen tidak menginginkan komposisi dari Otem dicontek oleh produsen lain.
    Karena kalo udah ada ijin POM RI, artinya komposisi harus dicantumkan.
    Artinya bisa saja orang yang mempunyai basic herbalis mencontek produk tersebut.
    Padahal Otem sudah banyak terbukti khasiatnya dengan izin Allah.
    Mungkin produsen berpikir, cukup hanya POM RI aja yang tahu komposisinya, bukan pesaingūüôā, dan uji lab nya tidak perlu disebarluaskan, cukup memberikan garansi aja sertifikat POM RI, sehingga tidak khawatir kena razia BPOM RI, dan sebagai penguat keamanan produk tersebut.
    Jadi tidak khawatir dicontek oleh produsen lain dengan menduplikat kompisisinya
    Itu kalo analisa pribadi.
    Wallahu a’lam
    (ronysetyo-owner R-Syifa)

  9. ronysetyo said

    Alhamdulillah , Otem kemasan baru sudah ada ijin POM dan komposisinya di kemasan.
    Mudah2an menambah kemantapan hati bagi penggunannya.
    Barakallahu fiikum

  10. aji said

    Assalamualaikum,
    Bisa minta tlg info yg lengkapnya mengenai produk ini?
    Seperti khasiat, efek samping, dan harganya. Serta dmn kira2 saya bisa mendapatkannya.

    Tks.

  11. athaul wahid said

    Ass.Wr.
    Mohon kirim artikel penjelasan obat mata untuk minus dan daftar harganya serta apakah ada di kota Bogor ?
    Thanks.

  12. santi sugondo said

    saya telah membaca website ini.dan kebetulan artikel yang ada diwebsite ini very attractive.dan saya tertarik untuk mengetahui tentang sebenarnya apa itu kitolod?dan bagaimana cara mengurangi minus saya ini yang sering sekali membuat saya pusing.
    sebenarnya mudah saja kita tinggal pakai kacamata.namun saya merasa dengan menggunakan kacamata pandangan saya sering sekali terbatas dan saya kurang nyaman sekali.apakah ada obat atau ramuan yang dapat menyembuhkan minus saya ini?makasih (emailkan ke saya ya jawabannya.)

  13. indy said

    sy sgt tertarik dengan produk ini, bgmn sy bs mendapatkanny, mohon info lbh lngkp melalui email sy, thanks.

    # Otem, banyak dijual di toko-toko buku muslim, atau pedagang2 muslim yang biasa jual di pengajian-pengajian, atau di toko-toko online di internet, cukup ketik ‘otem’ di google, Insya Allah banyak yang menjualnya..Jika menginginkan membeli langsung ke kami bisa hubungi 0811 960 940 (sms only, tidak utk terima call) atau krm email ke ronysetyo (at) gmail.com
    Barakallahu fiikum

  14. ahmad said

    Assalamualikum Wr Wb

    afwan akhi..
    hati kecil saya miris melihat produk ini..

    sampai sekarang belum ada penelitian ilmiah yang resmi tentang khasiat obat ini..
    dan dari klaim tentang khasiat saya pikir sangat berlebihan dan mengada-ada, saya tahu persis mengenai patofisiologi atau proses tentang terjadinya penyakit-penyakit mata, seperti kelainan refraksi, lalu katarak, dan glaukoma..
    dilihat dari proses terjadinya, tidak mungkin kelainan refraksi seperti miopya, hipermetrop atau mata minus dan plus bisa sembuh dengan tetes mata..

    apalagi membawa nabi muhammad SAW dan hadis dalam berdagang, saya pikir tidak etis sekali..
    sekian masukan dari saya akhi, apabila ada yang tidak berkenan, afwan, saya hanya mengatakan kebenaran..

    Wa Allahu ‚Äėalam bissawab

    Jazakumullah khairan katsiraa
    Wassalamualaikum wr wb

    # Wa’alaikum salam warrohmatullah
    Jazakallahu khoiron atas informasinya Akh..
    Alangkah enaknya jika antara pengobatan herbal dan ilmu2 kedokteran saat ini bisa saling sinergi.
    Masing2 saling mendukung, dan dapat diambil manfaat terbesar serta efek samping terkecil.
    Kembali terkait obat mata dan keterangan dari Qur’an dan hadits.
    Obat mata tersebut setahu saya salah satu komposisinya adalah dari minyak habbatussauda.
    Dan habbatussauda ada dalam hadits yang mampu mengobati segala macam penyakit kecuali kematian.
    Itu yang mungkin digunakan oleh produsen sebagai iklannya..dan setahu ana Ibnul Qoyyim dalam bukunya Thibbun Nabawi juga menyebutkan hal ini. nanti ana cek lagi Insya Allah.
    Selain minyak habbatussauda, obat tersebut juga ada didalam komposisinya madu khusus.
    Kenapa saya katakan madu khusus..
    Ketika saya pernah mendengarkan penjelasan herbalis, madu yang paling bagus utk kesehatan mata adalah madu dari satu jenis tanaman.
    Jadi bukan madu hutan, dan akan lebih bagus lebih madu dari bunga lotus.
    Itu yang saya pernah dengar.
    karena itu di brosur biasanya ditulis dengan madu khusus…kenapa tidak disebutkan khususnya di mana..yah biasalah strategi marketing mungkin.
    Dan terkait madu bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan mata, di artikel saya terkait macam-macam kegunaan madu, yang saya copy paste dari http://www.gizi.net
    http://thibbunnabawi.wordpress.com/2007/07/17/keajaiban-madu/

    Alhamdulillah madu memang banyak digunakan utk mengobati aneka macam sakit mata…dan ternyata diakui juga oleh http://www.gizi.net

    Dan selain itu komposisinya adalah daun kitolod..
    Tentang khasiat dan kandungan tanaman ini serta manfaatnya khususnya terkait kesehatan mata silahkan browse di blog ana atau search di google tentang kitolod…sudah banyak para pakar yang membahas hal ini

    Dunia kesehatan adalah dunia yang berkembang bukan dunia exact yang pasti kebenaranannya.
    Jadi ketika antum mengatakan :
    “..sekian masukan dari saya akhi, apabila ada yang tidak berkenan,
    afwan, saya hanya mengatakan kebenaran..”
    Perlu saya tekankan, ana dan antum bisa aja salah dalam hal ini, jadi mungkin agak kurang tepat kalo antum sudah mengklaim duluan kalo yang antum ungkapkan hanyalah kebenaran.
    Bisa jadi salah dan bisa jadi memang benar.

    Dan alhamdulillah selama ana ikutan menjual produk ini, dalam tiap bulan ratusan obat ini kita jual, sampai saat ini tidak ada keluhan yang berarti, yang ada adalah rasa pedih sesaat di mata.
    Justru banyak testimoni yang Alhamdulillah berhasil lepas dari kacamata.
    Bahkan orang2 tua banyak yang bisa membaca kembali.
    Bahkan kemaren salah seorang Ustadz yang ngajar di tempat ana, ketikan naik haji ada teman beliau yang matanya bengkak di sana, ditetesi obat mata ini alhamdulillah sembuh dan bisa melaksanakan rukun hajinya.
    Bahkan malah minta lagi utk ikutan menjualkan kembali.
    Tak ada kesembuhan kecuali atas izin Allah.

    Mungkin tugas antum dan teman2 kedokteran lainnya lah, yang meneliti..
    Bagaimana herbal ini bisa sampai menyembuhkan mata minus, plus atau katarak..yang kata antum mata minus dan plus itu gak ada obatnya apalagi hanya dengan obat luar/obat tetes..(afwan jika ana salah tangkap)
    karena memang secara empiris sudah banyak terbukti…banyak yang lepas kacamata setelah mencoba obat tetas mata ini..
    Wallahu a’lam

  15. gusti said

    saya sgt tertarik dengan obat ini, saya ingin menghilangkan minus pada mata saya (-1,5) , karena saya ingin melanjutkan ke sekolah pilot. Di daerah bogor dmana saya bsa mendapatkannya? Apa ini bisa jadi alternatif pengobatan saya?

  16. Dwi said

    Mas , anak saya kelas 2 SD , setelah di cek ternyata minus silinder 1/4 kanan kiri , mohon bisa diberikan informasi kepada saya dimana bisa kami peroleh obat OTEM tersebut , kalau bisa di daerah semarang , terima kasih informasinya

  17. Hanilia said

    saya hanilia berumur 19 tahun. mata saya sudah mulai minus ketika saya berumur 10 tahun. dan sekarang, minus kedua mata saya sudah mencapai -4.50.
    saya sudah meminum beberapa suplemen yang menjanjikan mengurangnya minus mata saya. tapi hasilnya tidak ada. jadi, setelah membaca artikel ini, saya berharap dapat memperoleh informasi dimana saya bisa mendapatkan obat OTEM tersebut.
    terima kasih.

  18. Wi said

    ,,untuk daerah blikpapan, dmn?,,

  19. Aira said

    Aslmlkm,saya tertarik sama OTEM,,untuk daerah Solo dmana harus beli?

  20. Aira said

    Saya tunggu blsannya diemail saya,thankz,

  21. Awa said

    Bismillahirrahmanirraahim,

    Assalamualaykum,

    Numpang jualan Akhi…. Bagi rekan-rekan di daerah Denpasar Bali dan sekitarnya yang membutuhkan OTEM atau obat herbal dari tanaman Habbatussauda bisa menghubungi Ibu Ratna. Jl. A. Yani Gg. II No. 6, Kampung Jawa, Denpasar. Telp. 0361-263174

    # Semoga bermanfaat..
    Barakallahu fiikum

    Wassalam

  22. Mas.. Orang tUa saya mengingnkan sekali saya menjadì seorang pölisi. Namun apa daya mata saya min 1,75 tlng beri tau untuk daerah serang banten saya harus beli kemana?

  23. yusnita said

    assLmkm..mw dong obatnya?saya sdh minus 2 ni..pengen sembuh.di semarang,agennya dmna y?saya di daerah banyumanik.tolong info dftr hrganya jg y!mksh.WassLkm

  24. sukamto said

    asslm – – saya mau tanya OTEM ini apa bisa utk umur 11 tahun,dan seandainya boleh aturan memakainya berapa tetes perhari/terima kasih.

  25. Leman said

    Mohon daftar harga obat tetes matanya

  26. saufi said

    asz mas,saya saufi seorang desainer grafis,akhir2 ini mata saya serasa kbur dan serasa ada yg berjalan di kepala saya,pake otem bsa gak ya di obati?trim7

  27. rieFa said

    asslmkm

    sy jg pemakai tetes mata itu, tp mata saya sering merah dan perih bgetz. . .
    apkh smw pemakai sma dengan yg sya alami. . .

    trustetes mata itu da efek sampingnya ga? ?

    tolong segera diblz ya atau sms ni n0e sya 085727215799

    secepatnya ya. .

    wassalamu`alikum w w
    syukron

  28. tidjow said

    asslmkm.
    mohon infonya untuk dapatkan OTEM di daerah semarang..
    sekalian harganya

    syukron..

    • chiput said

      saya sudah 10hariini mengunakan produk otem tapi knapa kelihatanya mata saya minusnya tidak berkurang dan mata saya kanan minus 3 dan kiri muinus 0,75 itu bagaimana takaran pemakaianya dan berapa lama dan bisa g mata saya sembuh dengan total ?

      • ronysetyo said

        #
        Jangan lupa dibarengi latihan Bu..sambil berdo’a tentunya…
        Pada dasaranya yang saya ketahui otem membantu saraf utk berkontraksi agar dapat kembali bayangan menyentuh retina..
        Makanya itu ada petunjuk utk memakai kacamata ketika diperlukan aja…
        Sering2 ke tempat lapang kayak sawah…nikmati keindahan sawah dengan melihat kejauhan..
        Sepertinya ini resep Pak Petani gak pakai kacamata..kebanyakan yang pakai kacama yang sering melihat jarak dekat kayak komputer….
        jadinya matanya capek dan tidak terlatih utk melihat jarak jauh..
        kayak otot kita..kalo sering dipake yang berat2..seperti para binaragawan..maka ototnya makin bagus..
        Tapi kalo utk ngetik komputer terus tiap hari..dijamin..ototnya gitu2 aja…bukannya gedhe ototnya..tapi malah gedhe lemaknya..:)
        Wallahu A’lam
        Barakallahu fiikum

  29. […] Hmmmm.. Pertama kita membahas Intinya dulu yah… Apa itu OTEM, OTEM adalah obat tetes mata yang bahan-bahannya di klaim oleh pembuatnya berisi madu hutan dan obatan¬≤ jaman nabi Muhammad SAW. Meskipun isi¬† kandungan-nya samar-samar saya merasakan kecurigaan besar pada obat ini. Ada seseorang yang saking penasarannya dengan OTEM ini sampai mencari tahu isi kandungan dalam obat ini sebagian besar memang berisi madu hutan, minyak “habbatus sauda” tetapi ada bahan yang agak aneh yaitu tanaman “kitolod” lengkapnya klik disini… […]

    • ronysetyo said

      #
      Ahsan kalo ragu2 jangan pakai dulu akh..
      Kadang2 suatu obat yang sangat berperan adalah faktor sugesti..
      Kalo sugestinya udah gak cocok..yah..biasanya obatnya gak akan mempan juga…
      Jadi benar langkahnya diperbanyak dulu aja informasinya akh..
      Barakallahu fiikum

  30. rie said

    ayah saya terkena katarak apa bisa disembuhkan dengan obat tersebut,..keluhannya kadang gatal, keluar air,,
    tp kadang tdk merasa sakit
    jika skit kambuh pandangan jd kabur

  31. Assalamualaikum
    thx infonya p.roni. selama ini saya jg bingung kalo ada yg tanya kandungan otem. stlh baca artikel ini, jadi lbh yakin lagi ngejelasinnya.

  32. Di mana saya bisa membeli obat ini ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: